Taman Kanak-Kanak di Jepang

Secara kebetulan saya menemukan situs tentang tujuan sekolah-sekolah di Jepang. Ternyata sangat rinci dijelaskan tentang tujuan setiap jenjang pendidikan.

Tujuan TK tercantum dalam artikel no 77 UU Pendidikan Jepang (diterjemahkan dengan bahasa segampangnya (~_~) )

TK atau youchien (幼稚園)bertujuan untuk mengasuh (保育) anak-anak usia dini, memberikan lingkungan yang layak bagi perkembangan jiwa anak.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam artikel no 78 dijelaskan tata caranya :

1. Merancang pendidikan yang mengembangkan fungsi tubuh dan jiwa secara harmoni melalui pembiasaan pola hidup yang sehat, aman dan menyenangkan.

2. Menumbuhkan semangat kemandirian, kehidupan berkelompok yang penuh kegembiraan dan kerjasama.

3. Mengenalkan kehidupan sosial dan membina kemampuan bersosialisasi

4. Mengarahkan penggunaan bahasa dengan benar serta menumbuhkan minat berkomunikasi dengan sesamanya.

5. Mengarahkan minat untuk berkreasi melalui pembelajaran musik, permainan, menggambar dan lain-lain.

TK mengintrepretasikan tujuan tersebut dalam silabus pembelajaran yang saya pikir hampir sama di setiap sekolah. Berikut saya jelaskan apa yang dipelajari anak-anak TK di Sono Youchien, Iwakura, Aichi Prefecturte. Kepala Sekolah, Ibu Ando memberikan saya (setelah merengek) copy- jam belajar sehari.

Nama Kelas

Momiji 2

Umur : ….th

TTD

Kepsek


TTD

Guru


Senin, 12-6-2006

Cuaca

Nama Guru



Pesan Mingguan

Udara cerah, bermain di luar. Jika hujan, kegiatan dilakukan di dalam kelas, Latihan gerak dengan musik yang menyenangkan, Menumbuhkan minat kepada tsuyu (梅雨)( = musim hujan, di bulan Juni, sebagian wilayah Jepang hujan-red)

Pesan Harian

Guru memberi contoh yang baik, anak yang enggan bermain harus disemangati

Tujuan exercise hari ini


Jam

Kegiatan

Lingkungan dan Kondisi Murid

Pesan/Tindakan Guru

8.50

masuk kelas

Taruh barang di loker, kemudian duduk di bangku

Ucapkan [Selamat Pagi] dg wajah gembira. Periksa keadaan murid satu per satu sambil menanyakan kabar masing-masing anak

9.05

Pengenalan exercise hari ini

Absen

Ucapan salam di pagi hari, lagu dan absensi.

Kartu absen diisi

Sambil mengabsen, menanyakan perubahan kondisi anak

9.15

Break ke toilet

Latihan cara buang air sendiri, cebok, dan mencuci tangan dengan sabun

Memeriksa apakah tatacaranya sudah benar, membenarkan yang salah

9.20

Menyanyi

Ada anak yang menyanyi dengan semangat, ada juga yang loyo

Sambil memperhatikan keadaan anak satu per satu, mainkan piano sesuai dengan kemampuan anak, juga ajarkan anak untuk menyesuaikan dengan suara temannya (intinya bikin paduan suara yang bagus-red)

9.45

Senam pagi

senam di halaman sekolah


10.00

Masuk kelas

Copot kaus kaki

Kaus kaki dicopot, disatukan dan masukkan dalam loker

Perhatikan apakah siswa mencopot kaus kaki dengan benar dan melipatnya/menggulungnya dengan benar. Berikan bantuan jika anak belum bisa melakukannya dengan baik

10.20

Ritmik

Ada anak yang semangat ada yang lemes

Dengarkan ucapan Fujikawa sensei (guru ritmik yg memainkan piano-didatangkan khusus-red), dengarkan dengan baik nada yang muncul dan bimbing anak untuk mengikutinya

10.45

Bermain

Pakai topi merah, bermain di luar kelas/di kebun/halaman sekolah

Ikuti dan amati anak-anak yang bermain kalau bisa arahkan, bantu mereka dalam bermain

11.45

Alat bermain dirapikan, masuk kelas, bersiap makan

cuci tangan dan ugai (memasukkan air ke tenggorokan tapi tidak ditelan, untuk mencegah batuk/pilek-red) sebelum masuk kelas, yang mau ke toilet dipersilahkan. Masuk ke kelas dan mengeluarkan bento (bekal) masing2

Periksa perlengkapan makan anak

12.00

Makan siang

Cara duduk untuk makan yang benar

apakah perlengkapan makan anak lengkap, jika ada yang lupa bawa sendok atau sumpit, siapkan

Perhatikan cara makan, ajari cara menggunakan sumpit, sendok atau garpu. Usahakan acara makan pun menyenangkan

12.40

Gosok gigi

Gosok gigi di luar kelas, di seputar kran air (letaknya di lantai 1 dengan bentuk melingkar-red)

Perhatikan dan ajari cara menggosok gigi yang benar

13.00

Game

Bermain permainan tradisional atau modern. Ada anak yang berminat ada yang tidak

Perhatikan kemampuan anak dalam bekerjasama, tumbuhkan rasa percaya diri anak yang malu-malu

13.30

Bermain di luar



14.00

Berkumpul, bersiap untuk pulang

Cuci tangan, ugai ,pipis

bersiap untuk pulang

Ucapkan [Besok pun harus bersemangat ke sekolah] dengan gembira dan bersemangat

14.25

Menyanyi lagu salam perpisahan

Menyanyi dengan gembira, tenang dalam berbaris.

Baris per kelas di depan sekolah

Antarkan kepulangan mereka dengan senyum, gembira dan ucapan-ucapan yang menyemangati

15.00

Pulang













Begitulah, senangnya belajar di TK (^_^)

Saya coba cek penjelasan tentang TK di UU Sisdiknas 2003, sayang penjabarannya hanya sedikit (Pasal 28). Mungkin ada teman-teman guru TK yang lain N yang bisa menshare seperti apa TK di Indonesia. cZ lo g' slah, anak2 sudah belajar kali-kalian sampai 10 x 10. Di Jepang, anak-anak TK baru belajar ngitung 1-10 (^_^).

TK di Indonesia terlalu hebat ….(^_~)

0 komentar:

Posting Komentar

Al-Quran Online

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 41 GRESIK